Senin, 08 September 2014

Bima Arya Ingin Balai Kota Bogor Dipindah

BOGOR, TRIBUNEKOMPAS.
By: Rahmat Husein.

-Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berwacana akan memindahkan balai kota (kantor wali kota) dan pusat pemerintahan Kota Bogor yang saat ini berlokasi di Jalan Raya Ir Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, ke lokasi lain. Pasalnya saat ini semua aktivitas baik pemerintahan, perdagangan, pendidikan, dan penginapan (hotel) berada di sentral atau pusat kota.

"Kondisi ini membuat pusat atau sentral kota menjadi semrawut dan arus lalu lintas semakin crowded, karena semuanya bertumpu di pusat kota," kata Bima, saat ditemui di kantor Dipenda Kota Bogor, Ahad, 7 September 2014.

Dia mengatakan kendati pemindahan balai kota dan semua kantor pemerintahan Kota Bogor tersebut masih sebatas wacana dan belum ada lokasi dan anggaran serta kajian secara mendalam, akan tetapi dirinya menegaskan memang sudah selayaknya pusat memerintahan Kota Bogor itu dipindahkan ke pinggiran kota.

"Beban pusat Kota Bogor atau seputaran Kebun Raya Bogor ini memang sudah jenuh, mulai dari Istana Bogor, pembangunan hotel, pusat perbelanjaan, tempat ibadah bahkan pendidikan pun lokasinya di sana," kata dia.

Nantinya, tegas Bima, jika balai kota dan kantor pemerintahan Kota Bogor dipindahkan ke daerah lain, kantor wali kota dan perkantoran lainnya yang saat ini digunakan tersebut akan menjadi bangunan heritage.

"Kantor yang lama menjadi menjadi bangunan cagar budaya (heritage), bahkan bila pusat pemerintahan dipindahkan maka secara otomatis akan menumbuhkan potensi pertumbuhan di sekitar tempat pemerintahan yang baru dan lokasinya di pinggiran kota," kata dia.

Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat yang mengungkapkan jika wacana pemindahan balai kota dan pusat perkantoran pemerintahan Kota Bogor itu sudah muncul sejak lama.

"Melihat kondisi pusat kota sudah crowded, makanya sudah lama wacana ini bergulir, dan bukan hanya gedung balai kota saja yang akan pindah akan tetapi gedung DPRD pun wacananya akan dipindahkan," kata dia.

Menurutnya, untuk saat ini, lokasi yang sangat tepat dan strategis untuk gedung balai kota dan pusat kantor pemerintahan Kota Bogor ini berada di sekitar Kayumanis, Kecamatan Tanahseral, Kota Bogor, yang lokasinya berada di pinggir kota.

"(Lokasi) yang ideal sih di pinggir kota seperti Kayumanis, bahkan di sana pun sudah dibangun kantor Binamarga dan kantor Pol PP Kota Bogor," kata dia.

Tidak ada komentar: