Jumat, 17 Juni 2011

Rapat Koordinasi Tim Pembina UKS Kota Depok

TRIBUNEKOMPAS, DEPOK.
By: ARIEF.


Laporan dari tim pembina UKS Kota Depok,dalam rapat kordinasi di Aula Pemkot Depok, kemarin, menjelaskan dengan melihat latar belakang pelaksanaan UKS di tinjau secara umum memperlihatkan bahwa prinsip hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik belum mencapai tingkat yang di harapkan, sarana prasarana masih belum memadai serta ancaman sakit terhadap murid masih tinggi hingga banyaknya masalah kesehatan pada anak usia sekolah (PHBS, cacingan, caries gigi, penyalahgunaan narkoba, masalah gizi, disentry,dll). Untuk itu, maka di perlukannya Monitoring dan Evaluasi yang lebih optimal untuk mensukseskan program Usaha Kesehatan Sekolah(UKS) di sekolah-sekolah, juga optimalisasi kerjasama lintas program dan sektor.

Adapun instansi di tingkat Kota yang terkait dalam sinergi program UKS ini adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kanwil Depag dan Pemda/Biro/Bagian Binsos. Tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi nya sudah di tetapkan oleh Tim Pembina UKS Pusat yang antara lain dari segi pendidikan kesehatan, aspek pelayanan kesehatan, aspek pembinaan lingkungan sekolah sehat, aspek ketenagaan, aspek sarana dan prasarana, aspek biaya, aspek penelitian dan pengembangan serta aspek monitoring, evaluasi dan pelaporan.

Program UKS yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan antara lain Pelatihan Guru UKS (Guru SD), Pelatihan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja bagi guru SMP dan SMA sederajat, Pelatihan Dokter Kecil (murid SD), Pelatihan Peer Konselor (murid SMP & SMA sederajat), Pelatihan PKPR bagi petugas kesehatan, Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah(tingkat TK/RA s.d SMA/SMK/MA), Kegiatan Stimulan Perbaikan Sarana Sanitasi Pesantren dan Sarana Cuci Tangan di Sekolah Dasar, Pelatihan Kader Jumantik Anak Sekolah, BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah), Penilaian Makanan Jajanan Sehat di SD, Lomba Sekolah Sehat, dan Pengambilan Sampel Pangan Jajanan Anak Sekolah. Selain itu juga dilakukan kerjasama dengan Tim FKG-UI, FKM-UI, PT.Unilever, dengan organisasi profesi seperti IDI dan PDGI, juga dengan Kepolisian.

Rencana tindak lanjut untuk optimalisasi kegiatan UKS Tingkat Kota Depok adalah menentukan sekretariat TP UKS Kota Depok, alokasi sumber dana bagi kegiatan TP UKS Kota Depok, pembentukan Tim Pembina UKS di 11 kecamatan dan pembentukan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat dalam rangka persiapan penilaian tingkat wilayah.

Tidak ada komentar: